HEN TECAHI YO ONOMI T'MAR NI HANASED (Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan)

Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jaypura, Kode POS: 99224

              
Home / Artikel / Serba-serbi / Dinas Kominfo Kota Jayapura Siap Dukung Rekomendasi KPK RI

Dinas Kominfo Kota Jayapura Siap Dukung Rekomendasi KPK RI

Jayapura, Dharapos.com 
Mengacu kepada Peraturan  Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, maka Pemerintah Kota Jayapura, sejak tanggal 1 Februari lalu mengukuhkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru salah satunya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Instansi baru ini  bertugas untuk mengendalikan seluruh infrastruktur yang berkaitan dengan jaringan teknologi dan informatika,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Drs. Bington Nainggolan yang dikonfirmasi di kantor DPRD Kota Jayapura, Rabu (15/3).

Di samping itu juga, menyampaikan informasi pembangunan yang dilakukan Pemkot Jayapura kepada masyarakat.

Dan saat ini sudah berjalan selama satu bulan serta sudah dikonsolidasikan berbagai program kegiatan dan sudah melakukan jejaring juga dengan beberapa pemangku kepentingan

“Salah satu agenda yang sementara di susun adalah bagaimana kita mendukung Pemerintah Provinsi Papua dalam melaksanaka e-Government yang telah dicanangkan beberapa hari lalu,” akuinya.
Dalam melaksanakan itu, Pemkot sementara mempersiapkan langkah-langkah.

“Yang sudah diprioritaskan untuk jangka pendek yakni bagaimana kita melaksanakan salah satu rekomendasi KPK RI, yang salah satunya memang berkaitan erat dengan OPD baru ini. Yakni mempersiapkan infrastruktur yang berkaitan dengan e-Planning dan e-Budgeting dan juga rekomendasi KPK yang berkaitan untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Jayapura,” rinci Kadis.

Dimana yang di dalamnya ada tim Percepatan Pencegahan Penanggulangan Korupsi di Kota Jayapura telah melakukan persiapan untuk menerima kunjungan KPK RI dimana KPK akan melakukan monitoring evaluasi terhadap rekomendasi yang sudah ditandatangani oleh Wali Kota.

“Ada 6 pokja dan 6 rekomendasi yang telah diberikan oleh KPK yang tentu harus didukung oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam mempercepat pencapaian rekomendasi itu,” lanjut dia.

Diakuinya, peranan Kominfo sangat besar untuk mengintegrasikan semua rekomendasi sehingga Pemkot diharapkan untuk melaksanakan  beberapa aplikasi yang berkaitan dengan rekomendasi KPK tersebut.

Salah satunnya adalah menyusun langkah persiapan e-Planning, e-Budgeting dan e-Musrembang.

“Dan yang sangat dirindukan oleh seluruh ASN Pemkot Jayapura adalah Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP, red),” beber Kadis.

Meski peran Kominfo sangat besar di Pemkot namun yang masih menjadi persolan adalah SDM pada dinas tersebut masih sangat terbatas.

“Keterbatasan pada masalah pengetahuan yang berkaitan dengan Iptek, sehingga mengatasi itu  kami akan berjejaring dengan Telkom,” sambungnya.

Sementara, jumlah SDM yang ada sekitar 15 orang termasuk pejabat struktural, eselon II dan IV.

“Jumlah ini masih minim baik secara kualitas maupun kuantitas karena jika dilihat dari tugas pokok maka perlu banyak SDM,” tandasnya.

Namun karena  mitra Kominfo seperti Telkom  sangat mumpuni dalam soal Iptek, sehingga keterbatasan SDM bisa diimbangi dengan SDM dari Telkom.

(HAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*