HEN TECAHI YO ONOMI T'MAR NI HANASED (Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan)

Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jaypura, Kode POS: 99224

              
Home / Berita / APBD Perubahan Kota Jayapura 2022 naik sebesar Rp161,3 miliar

APBD Perubahan Kota Jayapura 2022 naik sebesar Rp161,3 miliar

Kepala BPKAD Kota Jayapura Desi Wanggai (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Jayapura (ANTARA) – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua 2022 mengalami kenaikan hingga sebesar 10,72 persen atau Rp161,3 miliar dari APBD tahun anggaran 2022, menjadi sekitar Rp1,5 triliun.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah Kota Jayapura Desi Wanggai di Jayapura, Papua, Selasa, mengatakan APBD perubahan telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2022 pada 6 Oktober 2022 dan Peraturan Wali Kota Jayapura Nomor 60 Tahun 2022 pada 7 Oktober 2022.

Selain itu, ujar Desi Wanggai, ada beberapa program kegiatan yang menjadi rujukan dari program nasional untuk pengendalian inflasi.

“Kami tahu bahwa hampir semua daerah mengalami inflasi yang cukup tinggi sehingga pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134 terkait penanganan dampak inflasi sehingga kami anggarkan dalam APBD perubahan,” kata Desi Wanggai

Menurut Desi, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo ada beberapa program pengendalian inflasi seperti padat karya yang wajib dilakukan di setiap daerah.

“Sehingga itu bisa berdampak pada masyarakat dari program yang dijalankan oleh pemerintah,” ujarnya.

Selanjutnya, masih menurut dia, terdapat pula program subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bantuan sosial (Bansos) serta perlindungan bagi tenaga kerja.

“Ini program-program yang kami akomodir dalam APBD perubahan Pemkot Jayapura 2022,” katanya.

Desi Wanggai menambahkan hingga kini realisasi kegiatan fisik telah mencapai 70 persen, sementara untuk penyerapan anggaran sudah mencapai 55 persen.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor: Muhsidin
COPYRIGHT © ANTARA 2022

sumber : Antara Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*